Biodata Dr. Subanji, , S.Pd., M.Si
Identitas diri
1 Nama Lengkap (dengan gelar) Dr. Subanji, M.Si.
2 Jenis Kelamin Laki-laki
3 Jabatan Fungsional Lektor Kepala
4 Pangkat / Golongan / TMT Pembina/IVa/1-04-2011
5 NIP/NIK/Identitas lainnya 197106051998021001
6 NIDN 05067104
7 Tempat dan Tanggal Lahir Kediri, 5 Juni 1971

Riwayat Pendidikan
  S-1 S-2 S-3
Nama Perguruan Tinggi IKIP MALANG ITB UNESA
Bidang Ilmu Pend Matematika Matematika Pend. Matematika
Tahun Masuk-Lulus 1990-1995 2000-2002 2003-2007
Gelar akademik S.Pd. M.Si. Dr.

Pengalaman Mengajar Dalam 2 tahun terakhir
Semester / tahun Nama matakuliah SKS/JS Prodi
(Pend / Mat)
Gasal 2013/2014
  • Strategi Belajar dan Mengajar Matematika
  • Landasan Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
  • Studi Mandiri 2: Analisis Hasil Penelitian Pendidikan Matematika Sekolah II
  • Desain Penelitian dan Analisis Data II
  • Psikologi Kognitif Belajar Matematika
  • Metode Penelitian Kualitatif
3

2

2  

2
3
2
S1 P.Mat

S2 P. Mat

S3 P.Mat

S3 P.Mat
S3 P. Mat
S3 P. Mat
Genap 2013/2014
  • Penelitian Pendidikan Matematika
  • Media Pembelajaran Matematika
  • Desain Penelitian dan Analisis Data II
  • Studi Mandiri 1: Analisis Hasil Penelitian Pendidikan Matematika Sekolah I
  • Metode Penelitian Kualitatif
3
2
2
2  

2
S1 P.Mat
S2 P. Mat
S3 P.Mat
S3 P. Mat  

S2 P. Mat
Gasal 2014/2015
  • Strategi Belajar dan Mengajar Matematika
  • Landasan Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
  • Desain Penelitian dan Analisis Data I
  • Psikologi Kognitif Belajar Matematika
  • Metode Penelitian Kuantitatif
3

2

2
2
3
S1 P.Mat

S2 P. Mat

S2 P.Mat
S3 P.Mat
S3 P. Mat
Genap 2014/2015
  • Penelitian Pendidikan Matematika
  • Landasan Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
  • Desain Penelitian dan Analisis Data II
  • Studi Mandiri 1: Analisis Hasil Penelitian Pendidikan Matematika Sekolah I
  • Metode Penelitian Kualitatif
3
2

2
2  

2
S1 P.Mat
S2 P. Mat

S2 P.Mat
S3 P.Mat  

S2 P. Mat

Pengalaman Penelitian Dalam 5 Tahun Terakhir
No. Tahun Judul Penelitian Pendanaan
Sumber Dana* Jumlah (Juta Rp)
1. 2009 Proses Berpikir Pseudo Penalaran Proporsional Siswa SMP DP2M 40
2 2013 Hibah Pasca Tahun 1
Defragmenting Proses Berpikir Matematik melalui Pemetaan Kognitif untuk Memperbaiki Kesalahan Matematika Siswa
DP2M 90
3. 2013 Pengembangan Model PPL Mahasiswa S2 Pendidikan Matematika  Berbasis Project Lesson Study PASCA-UM 20
4 2014 Hibah Pasca Tahun 2
Defragmenting Proses Berpikir Matematik melalui Pemetaan Kognitif untuk Memperbaiki Kesalahan Matematika Siswa
DP2M 100
5 2015 Hibah Pasca Tahun 3
Defragmenting Proses Berpikir Matematik melalui Pemetaan Kognitif untuk Memperbaiki Kesalahan Matematika Siswa
DP2M 100


Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat dalam 5 Tahun Terakhir
  NO Tahun Judul Pengabdian Kepada Masyarakat Pendanaan
Sumber Dana* Jumlah (Juta Rp)
1 2010 TOT 1 TEQIP 2010 di Batu PT Pertamina 15
    Ongoing Pasca TOT 1 TEQIP 2010 di Jambi PT Pertamina 15
    TOT 2 TEQIP 2010 di Batu PT Pertamina 15
    Ongoing pasca TOT 2 TEQIP 2010 di Bengkulu PT Pertamina 15
    Diseminasi Pelatihan Guru tahap 1 TEQIP 2010 di Kaltim PT Pertamina 25
    Ongoing pasca Diseminasi I TEQIP 2010 di Bima PT Pertamina 15
    Diseminasi Pelatihan Guru tahap 2 TEQIP 2010 di NTB PT Pertamina 25
    Ongoing pasca Diseminasi I TEQIP 2010 di Lombok Barat PT Pertamina 15
    TOT 3 TEQIP 2010 di Batu PT Pertamina 15
    Ongoing pasca TOT 3 TEQIP 2010 di Muarojambi PT Pertamina 15
         
2 2011 TOT 1 TEQIP 2011 di Batu PT Pertamina 15
    Ongoing Pasca TOT 1 TEQIP 2011 di Ternate PT Pertamina 15
    TOT 2 TEQIP 2011 di Batu PT Pertamina 15
    Ongoing pasca TOT 2 TEQIP 2011 di Manggarai PT Pertamina 15
    Diseminasi Pelatihan Guru TEQIP 2011 di Maluku Utara PT Pertamina 25
    Ongoing pasca Diseminasi I TEQIP 2011 di Halmahera Barat PT Pertamina 15
    TOT 3 TEQIP 2011 di Batu PT Pertamina 15
    Ongoing pasca TOT 3 TEQIP 2011 di Manggarai Barat PT Pertamina 15
         
3 2012 TOT 1 TEQIP 2012 di Batu PT Pertamina 15
    Ongoing Pasca TOT 1 TEQIP 2012 di Natuna PT Pertamina 15
    TOT 2 TEQIP 2012 di Batu PT Pertamina 15
    Ongoing pasca TOT 2 TEQIP 2012 di Talaud PT Pertamina 15
    Diseminasi Pelatihan Guru tahap 1 TEQIP 2012 di Minahasa Utara PT Pertamina 25
    Ongoing pasca Diseminasi I TEQIP 2012 di Sanggau PT Pertamina 15
    Diseminasi Pelatihan Guru tahap 2 TEQIP 2012 di Kalbar PT Pertamina 25
    Ongoing pasca Diseminasi I TEQIP 2012 di Singkawang PT Pertamina 15
    TOT 3 TEQIP 2012 di Batu PT Pertamina 15
    Ongoing pasca TOT 3 TEQIP 2012 di Tanjungpinang PT Pertamina 15
         
4 2013 TOT 1 TEQIP 2013 di Batu PT Pertamina 15
    Ongoing Pasca TOT 1 TEQIP 2013 di Merauke PT Pertamina 15
    TOT 2 TEQIP 2013 di Batu PT Pertamina 15
    Ongoing pasca TOT 2 TEQIP 2013 di Sabang PT Pertamina 15
    Diseminasi Pelatihan Guru tahap 1 TEQIP 2013 di Sulut PT Pertamina 25
    Ongoing pasca Diseminasi I TEQIP 2013 di Manggarai Barat PT Pertamina 15
    Diseminasi Pelatihan Guru tahap 2 TEQIP 2013 di Manokwari PT Pertamina 25
    Ongoing pasca Diseminasi I TEQIP 2013 di Sorong PT Pertamina 15
    TOT 3 TEQIP 2013 di Batu PT Pertamina 15
    Ongoing pasca TOT 3 TEQIP 2013 di Padang Sidempuan PT Pertamina 15
5 2015 TOT 1 TEQIP 2015 di Batu PT Pertamina 15
    Ongoing Pasca TOT 1 TEQIP 2015 di Maluku Tenggara PT Pertamina 15
    TOT 2 TEQIP 2015 di Batu PT Pertamina 15
    Ongoing Pasca TOT 2 TEQIP 2015 di Padang Pariaman dan Agam Sumatera Barat PT Pertamina 15
    Diseminasi Pelatihan Guru TEQIP 2015 di Fak-Fak Papua Barat PT Pertamina 25
    Ongoing pasca Diseminasi TEQIP 2015 di Kendari PT Pertamina 15
    TOT 3 TEQIP 2015 di Batu PT Pertamina 15
*Tuliskan sumber pendanaan baik dari skema pengabdian kepada masyarakat DIKTI maupun dari sumber lainnya.   E. Publikasi Artikel Ilmiah Dalam Jurnal (bukan Prosiding) dalam 5 Tahun terakhir
  NO Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/
Nomor/Tahun
1 The Pseudo-Covariational Reasoning Thought Processesin Constructing Graph Function of Reversible Event Dynamics Based on Assimilation and Accommodation Frameworks Journal of the Korean Society of Mathematical Education Series D:
RESEARCH IN MATHEMATICAL EDUCATION
Volume 19 Number 1 (March 2015)
2 Karakterisasi Kesalahan Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)
dalam Mengonstruksi Konsep Matematika
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) Terakreditasi Nasional Vol 19 nomor 2, 2013
3 Peningkatan Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika
dan Praktiknya dalam Pembelajaran melalui Model Pelatihan TEQIP

 

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) – Terakreditasi Nasional Volume 21  Nomor 1,  2015
4 Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar melalui Teachers Quality Improvement Program (TEQIP) Berbasis Lesson Study J-TEQIP Jurnal Peningkatan Kualitas Guru Vol 1 Nomor 1 Edisi Nov tahun 2010
5 Matematika Sekolah dan Pembelajarannya J-TEQIP Jurnal Peningkatan Kualitas Guru Vol 2 Nomor 1 Edisi Nov tahun 2011
6 Pengembangan Aktivitas Matematika Problem Solving mengacu pada Meaning Based Approach J-TEQIP Jurnal Peningkatan Kualitas Guru Vol 3 Nomor 2 Edisi Mei Tahun 2012
7 Proses Berpikir Pseudo Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Proporsi J-TEQIP Jurnal Peningkatan Kualitas Guru Vol 4 Nomor 2 Nov Tahun 2013
8 Keterampilan Berpikir Reflektif Guru Matematika dalam Praktik Lesson Study J-TEQIP Jurnal Peningkatan Kualitas Guru Vol 6 Nomor 1 Mei 2015
9 Peningkatan Kinerja Guru Indonesia: Sebuah Refleksi 5 Tahun Perjalanan TEQIP J-TEQIP Jurnal Peningkatan Kualitas Guru Vol 6 Nomor 2 Nov 2015
10 Thinking Process of Pseudo Construction in Mathematics Concept
(Subanji dan Toto N)
International Education Studies Vol. 09 Nomor 2, 2016

Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) dalam 5 Tahun Terakhir
  NO Nama Pertemuan Ilmiah/
Seminar
Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Seminar Nasional TEQIP 2012 Teachers Quality Improvement Program (TEQIP)  sebagai Wahana Mengembangkan Pembelajaran Bermakna 5 November 2012 di Universitas Negeri Malang
2 Seminar Nasional Pendidikan Matematika Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif 29 Nov 2012 di Blitar
3 Seminar Nasional TEQIP 2013 Revitalisasi  Pembelajaran Bermakna
dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah
12  November 2013 di Universitas Negeri Malang
4 Seminar Nasional TEQIP 2014

TEQIP sebagai Wahana Mewujudkan Pembelajaran Bermakna
dan Membangun Karakter Bangsa

30  November 2014 di Universitas Negeri Malang
5 Seminar Nasional TEQIP 2015 Peningkatan Kinerja Guru Indonesia: Sebuah Refleksi 5 Tahun Perjalanan TEQIP 31  Oktober 2015 di Universitas Negeri Malang
4 Bedah Buku di Jurusan Matematika UNJ Teori Berpikir Pseudo Universitas Negeri Jakarta, 2014
5 Kuliah Umum di Jurusan Matematika FMIPA UNNES Perkembangan Penelitian Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang, 2014
6 Kuliah Umum di Pascasarjana UNNES Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Matematika
Untuk Pengembangan Teori
Universitas Negeri Semarang, Juni 2015

Karya Buku dalam 5 Tahun Terakhir

NO
Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Matematika Kreatif (ISBN) 2009 125 UM Press
2 Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesai melalui TEQIP (ISBN) 2011 218 UM Press
3 Teori Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasional (ISBN) 2011 215 UM Press
4 Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif  (ISBN) 2013 220 UM Press
5 The Magnitude of TEQIP: Empat tahun Perjalanan TEQIP di Nusantara (ISBN) 2013 209 UM Press
6 TEQIP: Model Pengembangan Keprofesionalan Guru – Kreatif, Inovatif, Bermakna, dan Berkarakter Terintegrasi dalam Lesson Study 2014 233 UM Press
7 Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika 2014 140 UM Press

Keikutsertaan Organisasi Ilmiah

Nama Organisasi Keilmuan atau Organisasi Profesi
Kurun Waktu Tingkat
(Lokal, Nasional, Internasional)
Sekretaris Umum - Asosiasi Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (APPPI) 2015-2018 Nasional
Anggota Indo Ms   Nasional

Tanggal Posting: 14/05/16