Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang.

SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PEMBELAJARANNYA 2017 (SNMP2017)

By: Admin. Selasa, 1 Agustus 2017.

Tema :
Peranan matematika dan pembelajarannya dalam upaya meningkatkan produktifitas bangsa.
Latar Belakang :

Dalam era globalisasi, produktifitas bangsa semakin dituntut agar bangsa Indonesia bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Matematika dan pembelajarannya diharapkan bisa berperan untuk mendukung peningkatan produktifitas bangsa tersebut. Peranan tersebut bisa berupa penelitian-penelitan matematika murni, terapan maupun pembelajarannya yang bisa dimanfaatkan langsung maupun tidak langsung. Matematika, sebagai disiplin ilmu yang banyak diterapkan pada disiplin ilmu lain, memegang peranan yang sangat strategis, sehingga penelitian-penelitian bidang ini perlu terus dilakukan. Begitu pula dengan pendidikan matematika, penelitian-penelitian pendidikan matematika ditujukan untuk membantu siswa dalam belajar dimana salah satu tujuannya yaitu untuk mengembangkan berpikir matematis. Harapannya siswa dapat memiliki keterampilan dan kompetensi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapinya, yang ujung-ujungnya diharapkan dapat meningkatkan produktifitas bangsa. Telah banyak penelitian-penelitian yang sudah dilakukan, maka perlunya suatu wadah untuk menyosialisasikan hasil penelitian. Oleh karena itu, kami menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya tahun 2017 (SNMP2017). Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap perkembangan ilmu matematika dan pendidikan matematika.
Tujuan :

  1. Memperdalam wawasan dan ilmu dalam bidang matematika dan pendidikan matematika.
  2. Meningkatkan komunikasi akademik antara Mahasiswa, Pendidik, Matematikawan, Peneliti dan Stake Holder bidang matematika dan pembelajarannya.
  3. Mengembangkan budaya meneliti, menulis dan mempublikasikan karya ilmiah bidang matematika dan pembelajarannya di kalangan Mahasiswa dan Pendidik.
Pembicara Utama :
  1. Dra.Hj. Lathifah Shohib (Anggota Komisi Pendidikan DPR RI)
  2. Dr.Ir. Inggriani Liem (Pakar Komputasi Institut Teknologi Bandung)
  3. Prof. Gatot Muhsetyo, M.Sc. (Pakar Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang)
  4. Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si. (Pakar Matematika Terapan Universitas Halu Oleo)
Ruang lingkup seminar

FASILITAS PELAKSANAAN SEMINAR
Hari : Sabtu
Tanggal : 25 Nopember 2017
Waktu : Pukul 07.00 WIB sampai selesai
Tempat : Aula FMIPA UM Gedung O1